Friday 1 June 2012

Penerapan IPTEK Di SMK Negeri 6 Palembang

         SMK Negeri 6 palembang adalah sekolah RSBI (Rancangan Sekolah Bertaraf Internasional) yang memanfaat kan teknologi IPTEK di dalam kegiatan KBM (Kegiatan Beljar Mengajar).Di dalam kegiatan belajar mengajar pasti perlu yang namanya media komunikasi supaya mudah di mengerti.
          Contohnya dalam pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),tidak mungkin belajar TIK tanpa ada media untuk pembelajaran.Pasti kita perlu untuk memudahkan dalam belajar.contohnya dengan pengadaan lab computer.Saat ini SMK Negeri 6 Palembang Mempunyai Lab Komputer yang bisa digunakan untuk belajar TIK.
           Kemudian dalam belajar mengajar juga bisa dengan menggunakan PROYEKTOR.Apakah teman - teman tahu apa itu PROYEKTOR?
           PROYEKTOR adalah sebuah alat optik untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.Banyak macam macam dari proyektor ini.Ada Proyektor Elektronik,transparansi dan lain lain.Bermacam macam juga loh Brand , Model dan Harganya. Mulai dari 2 juta sampai dengan 30 Juta.....
wawww.... Mahal juga ya...  -,-
            Tapi disini yang paling cocok di gunakan untuk kegiatan belajar mengajar adalah PROYEKTOR LCD.karena proyektor LED sangat cocok untuk belajar yang hanya kira - kira 2-3 jam.Harganya pun tidak terlalu mahal.Sekitar kurang lebih 5 juta.
            By The Way , PROYEKTOR LED itu adalah proyektor yang paling banyak di gunakan di kalangan masyarakat sampai ke kalangan bisnis yang biasanya sering di adakan Meeting.
            Begitupun dengan Kegiatan belajar mengajar.dengan Proyektor ini, Guru - guru lebih terbantu dalam mempercepat dalam kegiatan belajar dan mengajar.contoh dalam mencatat rangkuman,tidak susah payah lagi kan untuk mencatat di papan tulis? tinggal salin aja tulisan yang di tampilkan proyektor ke dalam buku catatan.dan setiap ruangan belajar di SMK Negeri 6 Palembang sudah menggunakan Proyektor LCD loh ^_^
             SMK Negeri 6 Palembang tidak hanya mempunyai Lab Computer saja loh .. ^_^ . dalam pemanfaatan IPTEK juga terdapat di Lab Bahasa Inggris.inilah Lab bahasa inggris kami yang sederhana.
               Tetapi banyak yang bisa di manfaatkan dari ruangan Lab Bahasa Inggris ini. Bisa menggunakan Proyektor LCD yang berguna sebagai media Presentasi.setelah itu ada juga peralatan multimedia nya. Ada Sound System untuk membantu supaya jelas akan suara yang dikeluarkan oleh Guru atau Murid. Ada juga Media untuk Kuis Loh .. supaya lebih fun ^_^
               Setelah itu SMK Negeri 6 Palembang juga Memiliki perpustakaan. di mana perpustakaan ini bukan hanya tempat mencari ilmu dengan buku saja, tetapi kita juga bisa menggunakan dan memanfaatkan IPTEK.contohnya dengan adanya INTERNET CORNER.
                By The way , kalau membahas tentang internet cornet. teman - teman bisa melihat DISINI
SMK Negeri 6 Palembang juga menyediakan fasilitas Free Hotspot juga yang bisa digunakan untuk belajar juga ^_^ .
                  Jika ingin membuat Guru supaya tidak telat bisa menggunakan FINGER PRINT loh supaya kegiatan belajar mengajar tidak ada hambatan.selain itu juga jika semua warga sekolah menggunakan FINGER PRINT pasti takut telat. karena Finger Print ini mengajarkan kita supaya menjadi orang yang disiplin ^_^ . Di SMK Negeri 6 Palembang juga sudah menggunakan Finger Print loh. tetapi belum untuk siswa sayangnya :( . 

                  Terakhir nih . Di ruang Tata usaha juga sudah 100 % memanfaatkan IPTEK loh. ^_^
contohnya :
  1. penggunaan Komputer , Printer , Scanner , Telepon , Faximile dan sebagainya deh , karena banyak sekali barang - barang IPTEK.
  2. penggunaan Finger Print dalam sistem absensi untuk guru

Inilah Postingan saya kali ini tentang Penerapan IPTEK di SMK Negeri 6 Palembang. semoga dengan adanya postingan ini akan lebih giat lagi dalam kegiatan belajar dan mengajar.karena dengan adanya IPTEK , apapun kegiatan teman - teman pasti lebih mudah.

Terima Kasih ^_^

Referensi : WIKIPEDIA


Tetap Ikuti Terus "DUNIA TEKNOFORKASI"

0 comments:

Post a Comment